WEBOMETRICS

Category:

Webometrics adalah Perangkingan WebSite Perguruan Tinggi tingkat dunia atau Internasional, Asia serta Dalam Negeri.

    Pemahaman lainnya tentang Webometrics:
  • Tujuan penilai rangking dari Webometrics sesungguhnya adalah untuk mempromosikan website sebagai media publikasi, bukan untuk merangking insitusi.

  • Rangking yang didasarkan pada indikator situs yang dimiliki institusi bisa lebih mencerminkan secara keseluruhan dari institusi itu sendiri.

  • Website tidak hanya dapat memfasilitasi kegiatan pendidikan secara formal namun juga komunikasi informal dalam kegiatan pendidikan.

  • Rangking juga tidak hanya difokuskan pada hasil penelitian namun indikator lain yang mungkin dapat mencerminkan lebih baik kualitas global kegiatan pendidikan dan penelitian di seluruh dunia.
    Indikator Penilaian:
  • Size (S). Jumlah page yang dapat diambil oleh empat mesin pencari; Google, Yahoo, Live search dan Exalead. Bobot penilaiannya 20%.

  • Visibility (V). Banyaknya situs yang menyediakan link ke situs institusi, yang terkandung di Yahoo, Live search dan Exalead. Bobot penilaian 50%.

  • Rich Files (R). Format file yang dipilih: .pdf, .ps, .doc, .ppt. Data diambil dan diekstrak dari Google, Yahoo, Live search dan Exalead. Bobot penilaiannya 15%.

  • Scholar (Sc). Mengacu pada data Google Scholar. Bobot penilaiannya 15%.
Mekanisme Pengambilan Data:

Situs – situs institusi <------> Mesin Pencari <------> WeboMetrics

    Webometrics Best Practice:
  • Penamaan URL (Uniform Resource Locator)

  • – Menggunakan domain institusi yang unik.
  • Pembuatan Content

  • – Memberikan kesempatan dan media kepada para staf, peneliti maupun mahasiswa/i untuk dapat menjadi “author”
    – Hosting atau menempatkan content luar untuk disediakan atau dilayani pada institusi ybs., seperti situs konferensi, perangkat lunak dan lain-lain.
  • Alih media conten

  • – Melakukan alih media conten yang dimiliki sehingga dapat ditampilkan dalam sebuah situs.
  • Keterkaitan link

  • – Mengharapkan penyediaan link ke institusi dari partner institusi-institusi lainnya. Misal mengajukan penempatan link di situs Departemen Pendidikan untuk mereferensikan situs pendidikan yang kita kelola.
  • Penyediaan Bahasa, khususnya Bahasa Inggris

  • – Situs merupakan media akses global ke seluruh dunia, sehingga diperlukan penyediaan konten dengan bahasa yang lebih universal.
  • Files

  • – Pendistribusian dokumen dengan format “rich file” seperti .pdf atau .doc.
    – Peningkatan bandwith dalam rangka peningkatan akses pada penampungan file tersebut.
  • Desain Situs yang dapat diambil oleh Mesin Pencari

  • – Penerapan Search Engine Optimization.
  • Popularitas dan Statistic

  • –Melakukan analisa pengunjung situs baik dari referensi situs maupun kata kunci yang digunakan.
  • Pengarsipan

  • – Pemeliharaan pada konten-konten lama.
  • Standarisasi Pengembangan Situs

Comments (0)

Posting Komentar